Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Kabupaten Bondowoso

Tarian Ojung di Desa Gubrih


IMG_2343 BONDOWOSO- Tarian Ojung merupakan tarian adat yang dilakukan di kota Bondowoso, pulau Madura, dan oleh suku di Tengger Bromo. Tarian Ojung ini mempunyai berbagai macam tipe dan kostum sendiri berdasarkan setiap daerah yang melakukannya. sebagian besar Tarian Ojung dilakukan untuk ritual, Tarian Ojung milik Bondowoso sendiri diperuntukkan sebagai Ritual yang dilakukan sebagai permohonan turunnya hujan kepada Tuhan. Mungkin Yang membedakan antara ritual Ojung di Bondowoso dan Madura dengan yang di Tengger adalah waktu pelaksanaannya.
Tarian Ojung biasanya diperagakan oleh dua orang laki -laki yang sehat dan kuat. kedua laki – laki ini melakukan tarian Ojung tanpa memakai baju dan menari sesuai irama musik sambil memegang rotan sebagai senjatanya untuk memukul bagian belakang badan (pundak) lawannya untuk melukai sampai berdarah (lomba pada umumnya).

Untuk memeriahkan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun, Kecamatan Wringin mengadakan lomba Pawai Budaya yang mengundang seluruh desa di kecamatan Wringin untuk ikut serta mengikuti pesta rakyat seluruh Indonesia. Desa Gubrih melakukan persiapan untuk ikut andil dalam pawai budaya tersebut. (08-08-2017)

IMG_2345

 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar